Minggu, 30 Januari 2011

pemanasan


Pemanasan Sebelum Latihan (Bagian 1)

Sebelum memulai latihan paduan suara memang adalah keharusan untuk melakukan pemanasan (warming up). Sama pentingnya sebelum kita olahraga kita melakukan pemanasan untuk menghindari cedera. Dalam latihan paduan suara juga bisa terjadi cedera yang tidak diinginkan. Namun kita tidak akan membahas cederanya melainkan urutan-urutan benar dalam melakukan pemanasan (warming up).

PERENGGANGAN BADAN (STRECHING)

Pertama yang akan kita bahas adalah pemanasan / perenggangan tubuh yang biasa dalam paduan suara kita kenal sebagai streching.

1. Penggangan Tangan
Perhatikan gambar di atas, lakukan 3 langkah di atas secara berulang-ulang. Ada baiknya anda meminta para penyanyi untuk berbaris membentuk lingkaran atau kurve (lingkaran terbuka). Lalu meminta mereka untuk menghitung satu per satu dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Tujuannya agar mereka secara aktif melakukan streching ini dengan tidak meain-main. Disamping itu cara ini juga membawa anggota koor berinteraktif satu sama lain.
Lakukan penghitungan hingga angka 10 untuk setiap posisi a, B, dan C dan ulangi hinggap putaran ke 4. Ini berarti setiap posisi mendapat 4 X 10 hitungan. Mintalah agar setiap anggota yang bertugas mengghitung dengan tidak buru-buru dan satu anggota melakukan hitungan dengan tempo yang sama dengan anggota lainnya supaya setiap posisi mendapatkan jatah peregangan yang relatif sama hitunganya.
    1. Perenggangan Gaya Memanjat Tangga.

            Lakukan penghitungan yang sama dengan perenggangan tangan pada no.1 tadi terhadap perenggangan gaya memanjat tangga seperti terlihat pada gambar di atas. Lakukan gerakan seakan-akan memanjat ini tujuan membantu tubuh kita mendapatkan postur yang lurus saat bernyanyi. Agar lebih semangat, pelatih boleh memberi semangat dengan aba-aba,"Ayo naikkan tangan kanan, tangan kiri, regangkan!" begitu seterusnya
3. Tekuk Badan (Merunduk)
Berikutnya adalah melakukan gerakan merunduk. Penyanyi diharuskan untuk gerakan berunduk dengan tangan diarahkan ke lantai seperti pada gambar G dan H. Lakukan seperti kita melakukan senam pagi. Lakukan penghitungan hingga angka sepuluh pada posisi G lalu secara perlahan bangkit hingga pada posisi H selama 10 hitungan juga. Prihal bangkit hingga pada posisi H secara perlahan ini bisa di artikan / mengingatkan penyanyi akan tanda cressendo padayang harus diingat dilakukan secara perlahan.

4. Tekuk Badan (Merunduk)


Mintalah para penyanyi untuk berdiri tegak seakan-akan bergantungan pada atap dengan tangan terulur ke atas. Lalu mintalah mereka untuk membungkuk dengan tangan ke depan kepala seperti pada gambar tengah dengan tangan bergerak seolah-olah sedang menarik tambang. Lalu perlahan-lahan angkat tubuh bagian atas hingga berdiri tegak sambil menjaga tangan tetap melakukan gerakan menarik tambang. Ketika badan kembali pada posisi tegak lurus dan seakan-akan "tambang" tetap pada tangan yang sedang dalam posisi lurus ke atas. Latihan seperti ini berguan untuk mencegah penyanyi dari posisi miring.
  1. Menarik Bahu Ke Belakang

    Latihan ini bisa membantu melemaskan bahu para penyanyi. Mintalah agar mereka melakukan gerakan bahu kanan ke depan lalu ditarik ke belakang. Pertahankan posisi kaki tetap ke depan saat melakukan gerakan ini. Lakukan hal yang sama dengan bahu kiri dan seterusnya secara bergantian hinggau menjadikan gerakan bahu kiri dan kanan berputar ke depan dan ke belakang bergantian.

    6. Miringkan Kepala


    Latihan ini berguna untuk merelakskan leher penyanyi anda. Seperti kita tahu, sewaktu menyanyi jangan sampai terjadi ketegangan pada bahu dan leher. Karena sewaktu bernyanyi seluruh otot bahu dan lehar bekerja. Otot yang relaks akan membantu udara (nafas) dari bagian perut hingga menyentuh pita suara membentuk sehingga terjadilah nada (suara). Lakukan gerakan ini, miringkan kepala ke depan - tegak lurus, miring ke kanan - tegak lurus, ke kiri - tegak lurus, dan ke belakang - tegak lurus. Lakukan pengulangan gerakan ini seperlunya sambil berhati-hati karena bagian leher adalah bagian yang sangat peka dengan cedera.


    7. Pelemasan Bagian Siku dan Lengan Atas



    Latihan ini akan membantu para penyanyi untuk melemaskan tubuh bagian siku (tangan) dan lengan bagian atas, terutama pada otot triceps dan memperlancar aliran darah di bagian lengan. Mintalah agar tangan kiri mereka meraih siku tangan kanan melewati bagian belakang kepala.. Tahan sebentar lalu lepaskan. Lakukan hal yang sama sebaliknya dalam keadaan relaks seperti gambar di atas.

    Catatan dari saya:
    Teman pecinta paduan suara, latihan-latihan di atas adalah beberapa contoh baik yang bisa dilakukan sebelum kita memulai paduan suara dan sebelum melakukan latihan vokal. Ada hal2 lainnya yang perlu kamu lakukan utnuk membuat para penyanyi lebih semangan dan tidak bosan.

    1. Ada baiknya kita melakukannya dengan partisiapasi aktif dengan anggota paduan suara, misalnya dengan meminta mereka melakukan hitungan-hitungan secara bergantian dalam tiap gerakan hingga semua anggota mendapat bagian menghitung.

    2. Partisipasi aktif dari para anggota sangat berguna bagi kekompakan dan kesatuan hati.

    3. Jangan kaget dan jangan pula terlalu melarang jika ada di antara penyanyi bercanda sewaktu menghitung gerakan. Yang penting adalah mereka mengerti pada saat latihan memang harus serius tapi juga harus tetap bisa santai. Karena ini juga bisa membawa mereka pada mood yang baik. Hati yang senang ada lah obat bukan?

    4. Suasana relaks akan membawa mereka akan menuruti instruksi-instruksi pelatih dan hal ini akan sangat berpengaruh pada penguasaan materi-materi lagu sewaktu kita melatih mereka.


    Silahkan jika ada di anatara teman-teman yang hendak menanggapi atau menambahakan. Materi di atas saya dapatkan dari buku karangan Russle Robinson dan Jay Althouse, yang sebagian besar dari kita tahu karya-karyanya yang mengagumkan. Saya membeli buku ini sewaktu menjalankan tugas kantor di Singapore beberapa tahun lalu. Akan saya bagikan bagi isi dari buku ini selanjutnya bagi teman-teman yang kesulitan membeli buku ini dari luar. Jika hendak membeli buku ini ada bisa mencarinya di iternet tentunya dengan ongkos kirim yang dan menggunakan kartu kredit.

    Pada pembahasan selanjutnya saya akan membahas postur tubuh dan kebiasaan-kebiasaan sewaktu latihan paduan suara.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger | Printable Coupons